Selasa, 12 Oktober 2010

Tips & Trik Memulai Usaha Cetak Foto Digital

Teknologi Kamera Digital yang disandang oleh pesawat handphone sekarang ini berdampak positif kepada dunia Cetak Foto Digital.
Hal ini jelas sekali terlihat dengan begitu maraknya counter handphone yang melengkapi tempat usahanya dengan Jasa Cetak Foto Digital.
Dengan melihat peluang besar tersebut diatas, maka sudah saatnya kita melirik dan memulai untuk membuka Usaha Cetak Foto Digital ini.
Anda tertarik dengan Usaha Cetak Foto Digital ini?, jika Ya, maka :
Berikut ini saya telah merangkum hal-hal yang perlu anda persiapkan guna kesuksesan anda dalam memulai, menjalankan dan kemudian mengelola Usaha Cetak Foto Digital anda dengan Sukses :
Artikel ini saya buat dari pengalaman saya pribadi dalam hal cetak foto digital yang memang telah saya jalani mulai tahun 2003 silam. Alhamdulillah pengalaman demi pengalaman, Try.. try... and error kerap sekali menghampiri usaha saya. Permasalahan-permasalahan yang timbul dengan pelanggan hampir tiap saat saya temui, dan itu semua Alhamdulillah telah mampu membesarkan hati saya dalam hal bagaimana untuk sukses dalam usaha cetak foto dogotal ini.
Nah, dalam artikel ini, saya terketuk hati untuk setidaknya menyumbangkan pikiran-pikiran dan/atau pengalaman-pengalaman saya tentang bagaimana menjalankan usaha cetak foto digital ini.
Oke, sekian basa-basi dari saya (kepanjangan juga kayaknya kurang baik lah.. malah bikin anda jadi Boring... yah.. khan?!.. tapi kalo toh artikel ini kurang kumplit dan masih ada kepenasaranan dari anda tentang permasalahan-permasalahan teknis untuk mengelola usaha cetak foto digital, maka : Silahkan JANGAN SUNGKAN-SUNGKAN untuk menghubungi saya di : 0852-234-963-47 (SMS Only).

_
A.
Keperluan Alat/Mesin dan Bahan
1.
1 (satu) Unit Komputer lengkap dengan Software / Program pendukungnya
Saya sarankan menggunakan Komputer dengan Processor Pentium 4. Hal ini dimaksudkan karena karga Komputer dengan spesifikasi tersebut tidak terlalu mahal.
Software / program yang biasa digunakan untuk keperluan cetak foto digital adalah Adobe Photoshop dan Corel Draw. Walaupun untuk jaman sekarang ini banyak sekali software-software instant yang jika dilihat sepintas lebih bagus kinerjanya dari kedua software yang saya sebutkan diatas, tetapi saya merekomendasikan untuk menggunakan dan mempelajari lebih detail program Adobe Photoshop dan Corel Draw (karena memang itulah empu-nya program grafis desain yang dengan mudah untuk bisa kita pelajari di banding program-program lain se-kelasnya).
Untuk sebuah Personal Komputer, kira-kira harga di pasaran sekitar Rp. 2.500.000,- (tergantung daerah/kota dimana anda tinggal )
2.
1 (satu) Unit Mesin Printer
Nah, ini dia yang juga kebutuhan pokok bagi setiap insan yang hendak buka usaha cetak foto digital.
Saya merekomendasikan pake-lah Printer Epson R230, karena sudah terbukti manjur, hasil cetak bagus dan perawatan mudah (sesuai pengalaman saya, lho..)
Harganya sekarang ini kira-kira Rp. 1.500.000,- SUDAH termasuk pake sistem Tinta Infus (tergantung kota anda juga sih).
Oh, ya.. untuk keperluan tinta infusnya saya pake Merk CHROMA INK. Karena terbukti bagus, saya sejauh ini belum pernah bermasalah dengan macetnya tinta-lah.... sebagian tinta nggak keluar lah, dll. Alhamdulillah, ini bukan promosi lho, saya cuman merekomendasikan, so.. bagi anda karyawan  CHROMA INK jangan ke- ge- er-an yah... But makasih karena produk anda saya acungin jempol. Trims.
3.
Kertas Foto - Glossy Photo Paper
Jenisnya banyak baget yang beredar dipasaran. Tapi saya lebih memilih Merk Spectra yang 20 lembar ukuran A4 (210 x 297 mm). Ini juga bukan promosi - saya tak dibayar se-peser-pun oleh Spectra punya. Ini cuma rekomendasi.
4.
1 (satu) Unit Mesin Scanner
Mesin yang satu ini penting lho, untuk jaga-jaga kalo-kalo ada pelanggan kita yang mau me- re-pro, memperbesar, menggandakan foto mereka yang telah jadi.
Kalau saya sekarang ini memakai Scanner Merk Cannon (CanoScan 3000 ex). Harganya dulu beli sekitar Rp. 600.000,-
5.
Kamera Digital atau WebCam
Ini adalah tambahan peralatan yang saya rasa pantas untuk anda pertimbangkan untuk dibeli, jika anda ingin mengembangkan Usaha Cetak Foto Digital ini menjadi lebih luas, yaitu sedikit-sedikit nerima orderan Foto di tempat anda, baik foto close-up pun foto pas foto kilat 10 menit. Ngak ada rugi dan salah-nya khan? tos masih tetep berhubungan dengan kegiatan usaha anda ini.
Harga Kamera Digital untuk kualitas standar di-pasaran sudah semakin murah.. ya sekitar Rp. 600.000,- pun anda sudah dapet Kamera Digital MPIX yang 5 MegaPixel atau bisa juga sebagai pengganti kamera digital anda beli aja WebCam yang 5 MegaPixel kira-kira harganya + Rp. 200.000,-
(seebnarnya, untuk point ini bisa anda tangguhkan karena tidak berhubungan langsung dengan usaha cetak foto pelanggan yang kebanyakan mereka dah bawa sendiri fotonya dari rumah mereka masing-masing, tapi tak ada salahnya untuk membeli kamera digital / webcam ini jika kondisi modal anda mencukupi), pokoknya.. ya atur sendiri yang mana yang lebih penting untuk yang duluan di beli.
Jika bingung nentuin pilihan silahkan nanya-nanya saya aja yah di 0852-234-963-47 (SMS Only), Insya Allah saya akan membantu se-mampu saya.
6.
1 (satu) Unit Card Reader (USB 2.0 All in One Card Reader).
Perangkat yang satu ini saya sarankan harus juga tersedia guna memudahkan pelanggan kita dalam mentransfer data foto dari Memory Card mereka ke komputer kita.
Saya sarankan memilih Card Reader yang Super Kumplit, maksudnya kita bisa mencolokkan semua jenis Card Reader yang sekarang sedang berkembang di masyarakat, dari Jenis Card Reader yang ukuran besar sampai yang terkecil (seperti Card Reader yang dipasang di handphone-handphone keluaran terbaru).
Silahkan cek-cek aja di toko komputer di daerah/kota anda. Harganya ya sekitar Rp. 40.000,- s/d Rp. 80.000,- (tergantung qualitas & merk dan juga tempat dimana anda tinggal ). 
7.
BlueTooth
Ini juga musti anda pertimbangkan untuk membelinya. Karena handphone-handphone sekarang sudah standar ada perangkat bluetooth-nya untuk media penyambung data dengan komputer anda. Harganya sekitar Rp. 40.000,-
8.
InfraRed Reader
Untuk melayani konsumen/pelanggan kita yang koneksi handphone-nya cuma lewat infraRed, maka kita sudah selayaknya membeli InfraRed Reader ini. Harga sekitar Rp. 40.000,-
9.
Sambungan HUB untuk USB / USB Hub
Peralatan yang satu ini juga penting lho, sebagai Hub cadangan kalo-kalo banyak pelanggan dalam satu waktu yang pada bawa flashdisk dalam nyimpen datanya
  
B.
Keperluan Tempat dan Sarana pendukungnya
1.
Tempat Usaha
Untuk Tempat Usaha Cetak Foto Digital, maka ada beberapa pilihan yang bisa anda ambil, yang tentunya disesuaikan dengan kondisi anda sekarang ini.
Menurut pengamatan saya, maka untuk jenis Usaha Cetak Foto Digital ini sangat cocok jika dibuka di tempat yang banyak kalangan remaja-nya. Contohnya : Anda dapat menyewa tempat usaha di dekat sekolahan baik SD, SMP pun SMU dan dekat Universitas.
DAN Alangkah baiknya jika anda memiliki kemampuan mengetik, maka usaha cetak foto digital ini digabung dengan jasa pelayanan pengetikan tugas-tugas baik untuk anak sekolah, mahasiswa, perkantoran dan umum.
Tetapi, jika kondisi keuangan anda belum memungkinkan untuk menyewa tempat di tempat strategis sebagaimana saya sebutkan diatas, maka anda-pun dapat membuka usaha cetak foto digital ini mulai dari rumah anda sendiri (dengan menyisihkan sedikit ruangan khusus untuk keperluan / servis / layanan cetak foto digital). INGAT, jangan bersatu dengan ruangan pribadi anda yang lainnya karena ini akan menimbulkan rasa canggung, kurang bebas dan risi bagi pelanggan anda. Intinya buatlah ruangan terpisah dari ruangan pribadi / ruangan keluarga anda untuk membuat pelanggan anda menjadi lebih leluasa ketika menggunakan jasa cetak foto digital di tempat anda.
2.
Pamplet / Brosur / Spanduk
Ini merupakan sarana cukup penting yang akan menunjang kesuksesan usaha cetak foto digital anda.
Sedikit-sedikit, cobalah untuk belajar membuat selebaran kertas berisi informasi singkat, padat dan jelas tentang usaha cetak foto digital anda. Lalu sebarkan di tempat umum dengan cara bijak dan tidak mengganggu tempat / fasilitas umum yang ada.
Pembuatan Brosur yang nantinya di pajang di dalam keranjang kecil di tempat usaha anda juga merupakan salah-satu alternatif lain untuk bisa anda lakukan, sehingga jika ada pelanggan anda yang berkunjung, sisipkan / berikan brosur tersebut kepada dia (pelanggan). Saya yakin, pelanggan yang baik dan bijak akan membawa brosur tersebut sampai rumah, entah dia akan menyimpannya di meja ruangan utama rumah, atau mungkin dia membuangnya di jalan. Nah itu merupakan teknik praktis untuk usaha anda karena ada kemungkinan brosur tersebut dibaca orang lain.
Pemasangan Spanduk yang menarik di depan tempat usaha anda juga salah-satu trik manjur untuk meyakinkan calon pelanggan bahwa benar di tempat tersebut ada dan bisa untuk melakukan cetak foto digital.
3.
Penempelan Contoh-contoh Foto Hasil Cetak di tempat Usaha anda
Ini adalah sangat berguna untuk meyakinkan calon pelanggan agar merasa yakin dengan Pelayanan Jasa Cetak Foto Digital milik anda.
Silahkan tempelkan hasil-hasil cetak foto di tempat usaha anda sewajarnya (misalnya di dinding). Sehingga memudahkan calon pelanggan untuk melihat contoh-contoh foto hasil cetakan di tempat usaha anda. 
4.
Pembukuan Frame Foto / Bingkai Foto
Walau di dalam handphone sendiri sebenarnya sudah ada fasilitas frame, tapi tak ada salahnya dan sangat saya rekomendasikan bagi anda untuk mengoleksi sebanyak mungkin bingkai foto yang cantik dan lucu, lalu anda mem-buku-kan-nya ke dalam sebuah Display Book. Sehingga calon pelanggan akan dengan mudahnya untuk memilih-milih bingkai foto yang mereka inginkan untuk menghiasi foto yang akan mereka cetak.
Nah, untuk keperluan ini saya telah menyediakan Frame / Bingkai Foto 1.400 file siap pakai dalam format Psd Adobe Photoshop, dengan mode transparant yang akan sangat bermanfaat untuk mendukung suksesnya usaha cetak foto digital anda.
Silahkan KLIK DISINI untuk melihat-lihat dulu koleksi 1.400 bingkai foto pilihan saya.
C.
Sumber Daya Manusia
Yang satu ini adalah 'ngak bisa terpisahkan dari usaha cetak foto digital anda.
Maju mundur-nya usaha cetak foto digital sangat dipengaruhi oleh banagimana kwalitas/ kemampuan operator dalam menjalankan/ memberikan hasil akhir yang memusakan untuk semua pelanggan yang datang.
Jika anda sendiri yang akan mengelola usaha cetak foto digital ini, maka sudah se-yogya-nya anda mulai bertekad untuk mau belajar / mempelajari program-program komputer yang memang sangat erat sekali hubungannya dengan cetak foto digital, seperti Adobe Photoshop dan Corel Draw. Cukup dua aja yang musti anda pahami, saya rasa program-program lain belum begitu terlalu penting, karena ke-semua feature telah tersedia complete di kedua program tersebut.
Jika anda mengalami kendala dalam mempelajari kedua program tersebut, silahkan JANGAN sungkan-sungkan untuk menghubungi saya di nomor 0852-234-963-47 (SMS Only). Insya Allah saya akan memberikan jawaban se-mampu ke-ilmuan saya.
Dalam kaitannya dengan Sumber Daya Manusia untuk menjalankan Usaha Cetak Foto Digital, maka ada point penting yang menurut saya jangan sampai ter-abaikan oleh anda (untuk suksesnya usaha anda ini), yaitu Sikap / prilaku anda terhadap pelanggan. INGAT: Pelanggan adalah Raja. Ikuti keinginannya selama tidak merugikan dan atau tidak me-mudharatkan anda. Pelanggan yang puas dengan jasa anda akan menceritakan pengalaman puasnya tersebut kepada orang lain tanpa campur tangan anda / tanpa anda suruh / anda dibayar oleh anda, dan ini merupakan mesin iklan otomatis yang bekerja terus menerus dan gratis. Tetapi jangan pernah membuat pelanggan anda kecewa, karena yang akan terjadi adalah kebalikan dari semua yang saya bicarakan di paragraph ini, yaitu akan menjadi Boomerang bagi usaha anda. 
D.
Kelola Sistem Keuangan sebaik mungkin
Yuk kita mulai belajar mengelola keuangan dari hasil usaha cetak foto digital yang sedang kita jalankan.
Kita bisa menyisihkan hasil usaha untuk keperluan pemeliharaan alat dan atau pembelian bahan baku di masa yang akan datang.
INGAT, Barang-barang seperti Komputer, Printer, dll. sebagaimana yang telah saya sebutkan diatas, saya yakin 1 atau 2 tahun kemudian akan mengalami penyusutan kwalitas dan atau penurunan kinerja dari yang seharusnya. Untuk mengatasi hal ini bisa saja anda melakukan servis untuk barang-barang tersebut atau jika barang tersebut memang sudah tidak layak pakai bisa saja menggantinya dengan yang baru. Dan ini tentunya memerlukan biaya, maka dari itu sebaiknya anda menabung / menyisihkan hasil usaha kita khusus untuk biaya perawatan / pembelian mesin. 


 http://www.ayahama.50webs.com/tips-trik-memulai-usaha-cetak-foto-digital.html

3 komentar:

  1. mantap gan... thanks info nya

    BalasHapus
  2. Subhanallah, artikelnya sungguh sangat bermanfaat mbak. Mb, saya berencana memulai bisnis cetak photi kecil2an memanfaatkan laptop d rumah. Berhubung saya belum punya modal apakah printer canin MP 250 bisa digunakan untuk awal bisnis ini?. Lalu untuk software editing apakah mb punya link tutorial,khusus photo,editing sederhana untuk pemula spt saya.

    BalasHapus
  3. makasih yah, artikelnya luar biasa dan sangat membantu...!!

    BalasHapus